Tanggap Darurat Sumbar Diperpanjang

SHARE :

Lensa Indonesia RTV – Pencarian korban bencana banjir dan lahar dingin yang melanda Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat yang terjadi pada Sabtu (11/5/24) lalu masih berlanjut hingga saat ini.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga memutuskan untuk memperpanjang masa tanggap menjadi 14 hari lagi, yakni 8 Juni mendatang.

Sebelumnya, masa tanggap darurat ditetapkan akan berakhir besok, Sabtu (25/5/2024).

“Saya sebagai Kepala Daerah Bupati memutuskan kembali memperpanjang tanggap darurat 14 hari ke depan untuk Kabupaten Tanah Datar,” ujar Bupati Tanah Datar Eka Putra kepada wartawan.

Putusan perpanjangan ini didapatkan dari hasil rapat evaluasi tim gabungan dan pemerintah, dengan penjelasan bahwa masih ada korban yang belum ditemukan serta banyak rumah warga yang mengalami kerusakan parah dan membutuhkan penanganan.

“Saat ini masih ada rumah masyarakat yang butuh dibersihkan dan juga ada 10 korban yang dinyatakan hilang, tentu hal ini masih perlu dilanjutkan untuk pencarian dan pembersihannya,” katanya.

Selain itu, titik lokasi pencarian juga diperluas hingga ke Kabupaten Sijunjung yang berjarak 100 kilometer dari Kabupaten Tanah Datar. Hal ini lantaran, pada hari sebelumnya ditemukan korban di Sijunjung.

“Pencarian diperluas ke Sijunjung, karena kemarin 3 korban meninggal ditemukan di Sijunjung,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (DisKominfo) Tanah Datar Yusrizal.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat data korban meninggal kini mencapai 62 orang.

BERITA LAINNYA

error: Content is protected !!